Sabtu, 23 Juli 2011

just write..... and write


Sebenarnya saya suka sekali menulis. Banyak yang "tidak bisa kita wujudkan" atau yang ga gwbgt, menjadi terwujud dengan menulis. Misalnya, kalau bikin cerpen, kita kan bisa menjadi tokoh apa saja yang kita mau. Bisa berada di tempat mana saja yang kita inginkan, kapan saja kita mau. Sesuka imaginasi kita.

Sejak SD saya suka menulis. Mungkin karena saya Ga bisa menggambar dan agak2 introvet, jadi banyak hal yang bisa saya kemukakan dengan menulis. Pas masuk masa remaja, saya mulai baca cerpen dan itu menginspirasi saya untuk membuat cerpen. Sampai saat inipun (masuk masa apa ya saya sekarang? hehhehe), saya pengen banget bikin novel...

Apakah saya telah berhasil menerbitkan sebuah cerpen di majalah???berapa novel saya yang sudah dicetak?? sayang sekali saya harus jujur mengatakan ga ada satupun cerpen atau novel saya yang di publish. Mungkin Anda berpikir, wajarlah...kan ga mudah cerpen naik cetak, banyak kan yang ngirim ke redaksinya....apalagi bikin novel......No...No...No....bukan begitu jalan ceritanya...dengan sangat malu harus saya katakan bahwa ga ada staupun cerpen atau novel saya yang terbit karena ga ada satupun tulisan saya yang sampai ke meja redaksi majalah/penerbit !!!!! Yap....Saya ga pernah mengirimkan naskah saya karena mereka ga pernah selesai!!!!

Hahahahha......jujurnya begitu. Ada-ada saja alasan kenapa ga bisa tuntas menulis. Menulis memang sederhana, namun tidak "sesederhana" itu. Kadang menulis status di FB pun saya kelamaan mikir. Kadang memang saya terlalu berhati-hati untuk menulis sesuatu. Apalagi di tempat yang mudah dibaca (kemudian disebarkan, bisa jadi) oleh banyak orang. Saran untuk "tulislah apa saja...mulailah begitu saja" bukan hal yang serta merta bisa saya lakukan. Serasa ada mental block yang bikin saya ga maju maju dalam menulis...

Ketika akan buat blog ini pun, ada keraguan di awal, jangan sampai blog yang kedua ini bakal bernasib sama dengan blog kemaren. Ditinggalkan setelah satu dua tulisan. Untungnya Saudara-saudara....saya akhirnya punya tips agar tetap berusaha punya mood untuk menulis.

Nah...salah satu yang bikin kelamaan mikir adalah mau nulis apa ya??? bukan karena ga ada ide tapi kadang terlalu banyak ide jadi bingung deh...ide itu bagus...yang ini lagi anget-angetnya....gimana ya bahasanya....apa kira2 yang orang pikirkan saat membaca tulisan ini ??...dan seterusnya...dan seterusnya....akhirnya STUCK !!!! Makanya, kalau "penyakit" itu muncul gejalanya, saya segera buka-buka blog orang...hehheheh.....baca-baca...bisa sampai lamaaaaaa untuk tahu apa sih yang mereka ceritakan di blog mereka???dan surprise for me..karena ternyata hai ternyata yang mereka ceritakan bukan hal-hal berat nan super penting sebenarnya....hal-hal ringan, kehidupan sehari-hari, apa yang mereka lihat, rasakan, alami dsb, bisa menjadi tulisan yang "berisi" karena terkandung makna n pelajaran berharga. Tulisan seperti itu yang kita butuhkan, kan ??? Cara tulisan itu ditampilkan juga ga dengan kalimat yang berat khas orang pinter bin jenius dengan istilah2 yang njelimet dan sebagainya...just flow....jujur.....kadang nyeleneh...berbumbu joke...bikin saya larut dalam tulisan itu dan akhirnya memperkaya jiwa dengan nilai yang terkandung didalamnya. Salah satu yang paling sering "dibuka" misalnya blog istribawel...kadang saya juga baca blog-blog muslem fashion kalau lagi pengen lebih gaya...:D

Sesederhana itu.....saya jadi Ga mati gaya lagi...lumayanlah memecahkan kebekuan ide saat akan memposting entry baru. Oh ya, saya juga baru-baru ini membaca di tulisan tentang Empowering women trough bloging....kurang lebih isinya bahwa ngeblog itu bukan sekedar menuliskan kegiatan harian kita secara detail...melainkan apa yang kita lihat, rasakan, alami akan menjadikannya lebih "berisi".

Truss....kayaknya saya juga harus lebih jujur dalam menulis...ga perlu takut menulis, and harus mulai menulis....Saya ga peduli apakah tulisan saya kelak ada yang baca, atau berapa kelak pengikut blog ini....yang pasti saya hanya ingin menulis dan menulis....^___^......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar